Ketergantungan Antarruang dan Pengaruhnya Terhadap Kesejahteraan Masyarakat

Selasa, 15 November 2022

Perdagangan Internasional adalah proses pertukaran barang dan jasa antara dua negara atau lebih dengan tujuan mendapatkan keuntungan/laba.

Faktor  yang mendorong  terjadinya perdagangan internasional :

  1. Perbedaan sumber daya alam yang dimiliki oleh setiap negara
  2. Perbedaan tingkat kualitas sumber daya manusia 
  3.  Perbedaan ilmu pengetahuan dan teknologi 
  4. Perbedaan budaya suatu bangsa 
  5. Perbedaan harga barang, perbedaan upah dan biaya produksi, dan perbedaan selera

Manfaat perdagangan internasional :

  1. Dapat memenuhi kebutuhan barang/jasa
  2. Dapat menciptakan spesialisasi produk (membuat barang yang memiliki ciri khas dan tidak dapat dihasilkan negara lain)
  3. Penduduk dari negara yang melakukan perdagangan akan mendapatkan barang dengan mudah dan harga murah
  4. Memperluas pemasaran barang hasil produksi 
  5. Dapat meningkatkan hubungan persahabatan antarnegara

Lingkup industri kreatif yaitu :

  1. Periklanan (advertising)
  2. Arsitektur
  3. Pasar Barang Seni
  4. Kerajinan (craft)
  5. Desain


Strategi pemerintah untuk mengembangkan ekonomi kreatif :

  1. Menyiapkan insentif untuk memacu pertumbuhan industry kreatif berbasis budaya
  2. Membuat Roadmap Industry kreatif yang melibatkan berbagai lembaga pemerintah dan kalangan swasta 
  3. Membuat program komprehensif untuk menggerakkan industri kreatif melalui pendidikan, pengembangan sumber daya manusia, desain, mutu, dan pengembangan pasar
  4. Memberikan perlindungan hukum dan insentif bagi karya industry kreatif
  5. Membentuk Indonesia Creative Council yang menjadi jembatan untuk menyediakan fasilitas bagi para pelaku industri kreatif

Kementerian  Perdagangan  melakukan  upaya  pengembangan  ekonomi kreatif untuk mewujudkan strategi pemerintah dengan langkah :

  1. Pengembangan database ekonomi kreatif Indonesia yang didukung dengan teknologi informasi 
  2. Peningkatan penggunaan teknologi melalui program kemitraan 
  3. Pekan produk kreatif Indonesia (PPKI)
  4. Festival Ekonomi Kreatif, seperti  Festival Ekre DN (JavaJazz, Jakarta Food and Fashion  Festival)  dan  Festival  Ekre  LN  (Festival Animasi-Kartun Internasional, Seoul; Ottawa International Animation Festival)
  5. Kegiatan Fasilitasi kegiatan yang mendorong lahirnya insan kreatif dan entrepreneur kreatif Baru untuk merangsang terciptanya insan kreatif dan enterpreneur baru di Indonesia

Contoh pusat keunggulan ekonomi yang ada di Indonesia :

  • PT Freeport Indonesia : perusahaan afiliasi dari Freeport-McMoRan Copper & Gold Inc. PT Freeport Indonesia menambang, memproses dan melakukan  eksplorasi  terhadap  bijih  yang  mengandung  tembaga,  emas dan  perak. 
  • Perusahaan Tambang Minyak Negara (PTMN) : Kilang minyak (oil refinery) adalah pabrik/fasilitas industri yang mengolah minyak mentah menjadi produk petroleum yang bisa langsung digunakan maupun produk-produk lain yang menjadi bahan baku bagi industri petrokimia seperti minyak bensin (gasoline), minyak diesel, minyak tanah (kerosene). Contoh kilang minyak di Indonesia : Pangkalan Brandan, Dumai/Sei Pakning di Riau, Cilacap, Balikpapan, Kasim, Balongan dan Cepu. 
  • Batik Indonesia :  Batik adalah kain bergambar yang pembuatannya secara khsusus dengan menuliskan atau menggerakan malam pada kain itu.  Merupakan kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi dan telah menjadi bagian dari budaya Indonesia. 

Kebijakan perdaganan bebas mempromosikan :

  1. Perdagangan barang tanpa pajak termasuk tarif atau hambatan perdagangan lainnya
  2. Perdagangan jasa tanpa pajak atau hambatan perdagangan lainnya
  3.  Akses ke pasar yang tidak diatur
  4.  Akses informasi pasar yang tidak diatur 
  5. Perdagangan jasa tanpa pajak atau hambatan perdagangan lainnya

Contoh perdagangan bebas yaitu :

Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) : yang beranggotakan 10 negara ASEAN, bertujuan sebagai : 

  • Kawasan yang memiliki perkembangan ekonomi merata, dengan memprioritaskan Usaha Kecil Menengah (UKM)
  • Kawasan ekonomi dengan tingkat kompetisi tinggi
  • Pasar  tunggal  dan  basis  produksi  internasional  (single market and international production base)
Asean Free Trade Area (AFTA) : kesepakatan negara-negara ASEAN untuk membentuk kawasan bebas perdagangan, bertujuan sebagai : 

  • Tempat produksi yang kompetitif sehingga produk ASEAN memiliki daya saing kuat di pasar global
  • Menarik lebih banyak Foreign Direct Investment (FDI)
  • Meningkatkan perdagangan antar negara anggota ASEAN (intra-ASEAN Trade)

Asia Pacific Economic Corporation (APEC), bertujuan untuk : 

  • Meningkatkan kesejahteraan dan pertumbuhan ekonomi di kawasan Asia Pasifik dan meningkatkan kerja sama ekonomi melalui peningkatan volume perdagangan dan investasi
  • Memperjuangkan kepentingan ekonomi di kawasan Asia Pasific
  • Tempat usaha negara maju untuk membantu negara berkembang
World Trade Organization (WTO), bertujuan untuk : 

  • Meningkatkan kesejahteraan negara anggota melalui perdagangan bebas 
  • Membantu produsen barang/jasa, eksportif dan importir dalam kegiatan perdagangan
  • Mendorong lebih terbukanya perdagangan dunia

 

0 komentar:

Posting Komentar